You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Simpang Tiga

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Desa Manis Cantik

Tradisi Membaca Manaqib Sayyidatina Khadijah Al-Kubra sebagai nilai budaya Islam di Desa Simp. Tiga


Tradisi Membaca Manaqib Sayyidatina Khadijah Al-Kubra sebagai nilai budaya Islam di Desa Simp. Tiga

Kamis, 11 Agustus 2022 (13 Muharram 1444 H) Majelis Ta’lim Darussunnah, kembali mengadakan acara manaqib bulanan. Acara ini dimulai dengan pembacaan surat Yasin, Maulid habsyi, pembacaan manaqib dan dilanjutkan dengan ceramah agama dan ditutup dengan tahlil. Acara pembacaan manaqib ini di hadiri oleh ratusan warga dan para jamaah majelis.

Dalam ceramah beliau, Habib Ja’far Shadiq mengingatkan bahwa Sayyidatina Siti Khadijah merupakan istri dari Rasulullah SAW. Seorang wanita paling mulia yang memiliki budi pekerti yang sangat baik dan memiliki hati yang bersih. Beliau menjelaskan bahwa istri Baginda Rasulullah SAW ini tak hanya memiliki hati yang mulia, namun juga seorang wanita yang sangat kaya raya.

2 (2)

Tradisi membaca manaqib Siti Khadijah Al-Kubra di Desa Simpang Tiga bermula pada tahun 2021 sampai sekarang. Pembacaan manaqib ini dilaksanakan pada setiap tanggal 13 di bulan Hijriah dan dilaksanakan pada pagi hari. Tradisi ini diadakan atas inisiasi Khodimul Majelis Ta’lim Darussunnah, Habib Ja’far Shadiq Bin Habib Ahmad Balghaits Ba’alawi dan permintaan ibu-ibu Desa Simpang Tiga yang menghendaki kampung mereka agar memiliki majelis manaqib bulanan dengan harapan kampung mereka dipenuhi keberkahan berkat Siti Khadijah Al-Kubra.

3 (3)

Nilai-nilai budaya Islam yang terkandung dalam tradisi membaca manaqib Siti Khadijah Al-Kubra yaitu Keteladanan dan Hikmah yang diambil dalam kehidupan sehari-hari. Dalam riwayat Siti Khadijah terdapat suri teladan bagi perempuan beriman. Adapun Harapan-harapan yang terdapat dalam tradisi ini salah satunya adalah supaya diluaskan rizki berkat Siti Khadijah Al-Kubra.

 

Bagikan artikel ini:
Komentar