You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Simpang Tiga

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Desa Manis Cantik

Inovasi Baru Desa Digital: Operator Desa Simpang Tiga Ikuti Bimtek Guna Wujudkan Good Governance


Inovasi Baru Desa Digital: Operator Desa Simpang Tiga Ikuti Bimtek Guna Wujudkan Good Governance

Pemerintahan yang efisien dan transparan merupakan salah satu tujuan utama dalam upaya memajukan pelayanan publik di era digital. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kecamatan Mataraman melalui Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) bekerja sama dengan Apdesi untuk mengadakan pelatihan bertajuk "Bimbingan Teknologi Pelatihan Peningkatan Kapasitas dan Tugas Pokok Operator Desa dalam Percepatan Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Good Governance Berbasis Digital."

Acara ini diselenggarakan di Aston Banua Hotel pada tanggal 13, 14 dan 15 September 2023 dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Camat Kecamatan Mataraman, Pambakal dari 15 Desa di Kecamatan Mataraman, operator desa, dan berbagai pihak terkait lainnya. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali operator desa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam mengoptimalkan pelayanan publik berbasis digital.

IMG-20230913-WA0052

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar. Dalam sambutannya beliau menjelaskan pentingnya peran operator desa dalam memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat. Ia juga menyoroti dampak positif penerapan teknologi dalam percepatan pelayanan publik, yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan.

Acara ini melibatkan narasumber ahli dari DKIP Kabupaten Banjar, diantaranya Bapak Cornelius Kristiyanto dan Tim serta Bapak Ainuddin Azzukhairy sebagai perwakilan jurnalis/wartawan. Turut memberikan materi Bapak Heryanto selaku Camat Mataraman.

IMG_20230914_121458 (1)

Dalam Kegiatan ini para peserta akan diberikan wawasan mengenai digitalisasi desa, pengenalan aplikasi Smart Kampung Manis, Pengembangang Website Desa, teknis dan tata cara penyusunan berita, teknis pengambilan gambar atau foto berita serta praktek penyusunan berita yang baik dan benar.

Selain itu, Para peserta juga akan diberikan kesempatan untuk berkolaborasi dan berbagi pengalaman dengan operator desa dari berbagai daerah dalam rangka memperluas wawasan mereka dan membangun jaringan yang kuat dalam komunitas operator desa.

1694777381956

Acara ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan secara simbolis kepada peserta pelatihan, yang diwakilkan oleh Desa Takuti dan Desa Simpang Tiga, sebagai Percontohan dari penerapan aplikasi Smart Kampung Manis dan Website Desa di Kecamatan Mataraman.

Semua pihak berharap bahwa pelatihan ini akan menjadi langkah awal yang signifikan dalam mewujudkan pemerintahan yang lebih baik dan berbasis digital di Seluruh Desa di Kecamatan Mataraman. Dengan peningkatan kapasitas dan pengetahuan yang diberikan melalui acara ini, operator desa diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, responsif, dan transparan kepada masyarakat setempat, serta memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan dan kemajuan daerah.

Bagikan artikel ini:
Komentar