You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Simpang Tiga

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Desa Manis Cantik

Selamatan Padang, Tradisi Tahunan Petani Desa Simpang Tiga


Selamatan Padang, Tradisi Tahunan Petani Desa Simpang Tiga

Selamatan Padang adalah kegiatan berupa prosesi yang dilakukan oleh petani di Desa Simpang Tiga sesudah mereka melaksanakan panen  padi dan sebelum penanaman padi. Tujuannya sebagai bentuk terimakasih dan rasa syukur kepada Allah SWT dikarenakan  padi yang ada di sawah ini bisa panen dengan hasil yang bagus dan berharap padi yang akan ditanam selanjutnya dapat menghasilkan panen yang melimpah dan berkah.

padang

Jum’at (14 Oktober 2022) dilaksanakan Tradisi Selamatan Padi yang digelar di areal persawahan dengan dipimpin tetua kampung. Dalam prosesi selamatan padang ini disediakan hidangan bubur timbul dan nasi.

bubur

Turut hadir Bapak Ikromi selaku Pambakal Simpang Tiga, kepala lingkungan, tetua kampung, tokoh agama, para petani dan masyarakat sekitar.

bu

Setelah ritual selesai dilakukan biasanya petani membagikan makanan yang sudah disiapkan kepada warga sekitar, setiap warga boleh mengikuti tradisi tersebut  dan memakan makanan yang sudah disiapkan bersama-sama.

padang selamat

Pambakal Ikromi mengatakan Tradisi Selamatan Padang  sebagai sarana warga desa menjalin hubungan silaturahmi satu dengan yang lain. Ia menyebut bahwa tradisi ini merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan setiap tahun.

Bagikan artikel ini:
Komentar