You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Simpang Tiga

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Desa Manis Cantik

Puntal Canting, Makanan Lokal Khas Desa Simpang Tiga


Puntal Canting, Makanan Lokal Khas Desa Simpang Tiga

Pundut Nasi dengan Hintalu untuk Cegah Stunting atau Puntal Canting merupakan makanan lokal ciri khas desa Simpang Tiga.

Makanan yang dibungkus dengan daun pisang ini terbuat dari bahan utama beras dan santan yang di kukus selama beberapa menit. Untuk menikmati pundut nasi biasanya juga diberikan siraman sambal merah dan telur asin sebagai lauk.

Di desa simpang tiga panganan ini sangat mudah dijumpai, hampir di setiap warung makan menjual pundut nasi. Bahkan posyandu di Desa Simpang Tiga menjadikan pangan ini sebagai PMT untuk mencegah Stunting anak.

Kandungan utama zat gizi pada pundut nasi  merupakan sumber karbohidrat serta lemak. Selain itu, pada telur atau hintalu terdapat  sumber protein yang dapat memenuhi sumber zat gizi makro dan juga tetap terdapat zat gizi mikro lainnya.

 Porsi pada pundut nasi yang tidak terlalu besar, rasa yang gurih dan tekstur pada pundut nasi yang lembut-kenyal sangat cocok untuk makanan tambahan.  Selain itu, pundut nasi juga mempunyai aroma harum dari rempah daun, juga senyawa polifenol dari daun pisang yang diyakini tidak hanya memberi aroma harum yang sangat khas pada makanan yang dibungkus, tapi juga sebagai antioksidan.



Bagikan artikel ini:
Komentar