You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Simpang Tiga

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Desa Manis Cantik

Karet Lembaran Asap Bergaris (Ribbed Smoked Sheet) Sebagai Produk Unggulan Desa Simpang Tiga


Karet Lembaran Asap Bergaris (Ribbed Smoked Sheet) Sebagai Produk Unggulan Desa Simpang Tiga

Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan adalah salah satu desa di Kecamatan Mataraman yang memiliki potensi desa yang cukup baik dalam bidang perkebunan karet. Perkebunan Karet di Desa Simpang Tiga memiliki luas yang memadai. Jenis-jenis karet yang dihasilkan berupa Getah karet (Lateks), Lump, bokar (Bahan olahan karet), dan juga Sheet (Lembaran).

 

Karet lembaran asap bergaris (Ribbed Smoked Sheet)  inilah yang menjadi salah satu produk unggulan desa yang bernilai tinggi. Ribbed Smoked Sheet merupakan salah satu jenis produk olahan  yang berasal dari lateks (getah) yang diolah secara teknis mekanis dan kimiawi dengan pengeringan menggunakan rumah asap. Proses Pengolahan diawali dengan pengolahan lateks (Penyaringan, Pengeceran, Pembekuan), penggilingan, proses pengeringan, sortasi dan pengepakan.

 

Petani karet biasanya hanya mengolah hasil  karet menjadi lump. Mutu yang dihasilkan juga rendah. Hasil getah yang dihasilkan menjadi homogen di setiap desa. Berdasar hal tersebut para petani karet yang tergabung dalam UPPB Maju Bersama melakukan terobosan baru dalam hal keefektivan untuk menambah nilai jual karet. pengolahan Karet lembaran asap bergaris diharapkan dapat meningkatkan mutu dari produk yang dihasilkan serta menambah varian hasil karet yang diolah.

 

Karet Lembaran Asap Bergaris menjadi solusi disaat Nilai harga jual karet yang rendah, dan juga menjadi salah satu unit usaha yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Simpang Tiga khususnya di RT 03, Sungai Baru. Diketahui bahwa getah sheet desa simpang tiga merupakan salah satu getah sheet terbaik di kalimantan selatan, sehingga menjadi produk unggulan desa yang dapat bersaing di pasar secara luas.

Bagikan artikel ini:
Komentar