You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Simpang Tiga

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Desa Manis Cantik

Mahasiswa KKN UMB Melakukan Observasi dan Pemberian Makanan Tambahan untuk Anak Terindikasi Stunting


Mahasiswa KKN UMB Melakukan Observasi dan Pemberian Makanan Tambahan untuk Anak Terindikasi Stunting

Dalam upaya mengatasi masalah stunting yang masih menjadi perhatian serius di berbagai daerah, para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (KKN UMB) telah melaksanakan program observasi dan pemberian makanan tambahan secara door-to-door kepada anak-anak yang terindikasi mengalami stunting, Rabu (30/8/2023).

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh kembang pada anak akibat kekurangan gizi kronis, telah menjadi masalah kesehatan yang mempengaruhi perkembangan fisik dan kognitif generasi muda. Mahasiswa KKN UMB merasa perlu untuk ikut serta berkontribusi dalam mengurangi angka stunting di masyarakat, khususnya di daerah yang menjadi lokasi KKN.

WhatsApp Image 2023-08-31 at 09-15-06 (2)

Dalam program ini, para mahasiswa KKN UMB melakukan observasi terhadap anak-anak di beberapa desa untuk mengidentifikasi tanda-tanda stunting. Melalui pendekatan door-to-door, mereka secara langsung berinteraksi dengan para orang tua dan memberikan edukasi tentang pentingnya gizi seimbang dan pola makan yang sehat. Selain itu, mereka juga memberikan informasi tentang dampak jangka panjang dari stunting terhadap perkembangan anak.

Selain observasi dan edukasi, mahasiswa KKN UMB juga memberikan makanan tambahan yang kaya akan nutrisi kepada anak-anak yang terindikasi stunting. Makanan tambahan ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi yang mungkin kurang diperoleh dari pola makan sehari-hari. Para mahasiswa juga bekerja sama dengan tenaga medis setempat untuk memberikan pemantauan dan evaluasi terhadap perkembangan anak-anak yang menerima program ini.

WhatsApp Image 2023-08-31 at 09-15-06

Ketua pelaksana program, Syifa Aprillia Nur Aini, mengungkapkan, “Kami berharap melalui program ini, kami dapat memberikan kontribusi positif dalam mengurangi angka stunting di desa ini. Melalui pendekatan door-to-door, kami ingin menciptakan kesadaran yang lebih tinggi tentang pentingnya perhatian terhadap gizi anak sejak dini."

Pambakal Desa Simpang Tiga, Bapak Ikromi, juga memberikan apresiasi atas inisiatif para mahasiswa. Beliau menyatakan, "Langkah nyata yang diambil oleh mahasiswa KKN UMB ini adalah contoh yang inspiratif bagi semua pihak. Ini adalah langkah konkrit dalam mewujudkan perubahan positif di masyarakat."

WhatsApp Image 2023-08-31 at 09-15-06 (1)

Dengan langkah nyata ini, para Mahasiswa KKN UMB telah menunjukkan bahwa kontribusi dari kalangan akademik dapat memiliki dampak besar dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat, seperti stunting. Semoga upaya mereka menjadi motivasi bagi pihak-pihak lain untuk ikut serta dalam upaya pencegahan stunting dan perbaikan kesehatan generasi mendatang.

Bagikan artikel ini:
Komentar