You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Simpang Tiga

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Desa Manis Cantik

DESA SIMPANG TIGA SUDAH 100% STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN


DESA SIMPANG TIGA SUDAH 100% STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN

Desa Simpang Tiga yang terdiri dari empat RT dinyatakan bebas dari buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF). Capaian tersebut diberikan Bupati Banjar H. Khalilurrahman dengan simbolis piagam penghargaan yang diberikan pada Senin 13 Agustus 2018.

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

kader kesehatan memiliki peran penting sebagai ujung tombak dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan di Desa Simpang Tiga. Salah satunya berkat peran pokja Desa Sehat yang telah mengajak masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Desa Simpang Tiga berusaha terdepan dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan dengan telah mengikuti berbagai program sehat seperti Keluarga Berencana (KB, Gotong royong masyarakat, Sosialisasi PHBS, Sosialisasi Parenting pola asuh anak, sosialisasi ibu dan Balita, kampung tangguh dll.

Dalam mewujudkan universal akses 100% akses air minum,  0% pemukiman kumuh dan 100% akses sanitasi dan sebagai bentuk kesanggupan mempertahankan ODF, Pambakal Simpang Tiga menyatakan ikrar untuk tidak buang air besar sembarangan, membuang air besar di jamban serta mempertahankan dan meningkatkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai program yang mendukung PHBS selalu digalakkan dengan membangun menara air Seperti Pamsimas dan Sumur bor untuk akses sanitasi yang lebih baik.

Bagikan artikel ini:
Komentar