You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Simpang Tiga

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Desa Manis Cantik

Desa Cantik, BPS RI adakan monitoring ke Desa Simpang Tiga


Desa Cantik, BPS RI adakan monitoring ke Desa Simpang Tiga

Badan Pusat Statistik (BPS) RI melalui Biro Perencanaan Pusat lakukan kunjungan ke Desa Simpang Tiga dalam rangka monitoring Desa Cantik, Kamis (13/10/2022). Sebelumnya Desa Simpang Tiga telah ditetapkan sebagai salah satu Desa Cantik di Kabupaten Banjar yang diresmikan pada tanggal 02 Juni 2022 lalu.

Pelaksanaan Monitoring ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Desa Cantik yang telah dilaksanakan. Hadir dalam kegiatan Biro Perencanaan Pusat Ibu Rikza dan  Ibu Auli beserta Team, Kepala BPS Kabupaten Banjar Bapak Rivai beserta Team, Pambakal Simpang Tiga dan Aparat Desa.

BIRO

Dalam kesempatan tersebut Ibu Rikza menyampaikan terkait penjelasan umum mengenai Desa Cantik yakni Desa tidak lagi dianggap sebagai obyek pembangunan, melainkan ditempatkan sebagai subyek dan ujung tombak pembangunan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Lebih lanjut Ibu Auli menanyakan kelanjutan dari kegiatan Desa Cantik dan kendala-kendala yang dihadapi desa.

Desa simpang tiga melalui Operator Desa menyampaikan kendala dan kebutuhan di Desa. Dalam penyampaiannya, Operator Desa menjelaskan bahwa Desa membutuhkan Portal Satu Data yang ditujukan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses data dan informasi mengenai Desa Simpang Tiga sehingga tidak ada penginputan yang berulang-berulang.

BPS

Kepala BPS Kabupaten Banjar Bapak Rivai menambahkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk perencanaan portal satu data yang ingin dikembangkan sehingga data dapat dihimpun dalam satu portal dan dapat mempermudah desa dalam meangkses kebutuhan-kebutuhan data yang diperlukan.

RI

Desa Cantik adalah program percepatan dari Badan Pusat Statistik dalam lingkup Desa, untuk meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam mengelola dan memanfaatkan data desa sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran. Tujuannya agar perangkat desa lebih paham statistik dan melahirkan komunitas cinta statistik di desa, sehingga desa dapat bertransformasi menjadi subjek pembangunan

Bagikan artikel ini:
Komentar