You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Simpang Tiga

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Desa Manis Cantik

Khataman Al-Qur’an Madrasah Darul Hasanah Berlangsung Meriah


Khataman Al-Qur’an Madrasah Darul Hasanah Berlangsung Meriah

Sebanyak 20 Santri Madrasah Darul Hasanah Desa Simpang Tiga mengikuti Khataman AL-Qur’an yang di gelar pada Jum’at (17 Februari 2023) siang.

Hadirin

Turut Hadir dalam acara Direktur TK/TPA Kabupaten Banjar Ustadz Hamsaini, Pimpinan Majelis Darussunah Habib Ja’par Shadiq Al-Baghaits, Ketua Komisi II  DPRD Kabupaten Banjar Syarwani, S.Sos, Camat Mataraman Bapak Dedi Kurniadi, S.KM,MM, Pambakal Simpang Tiga Bapak Ikromi, Ketua Yayasan Pendidikan Islamiyah Darul Hasanah Bapak Muhammad Haimi beserta Seluruh Dewan Guru, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan warga Masyarakat Desa Simpang Tiga.

Undangan

Pelaksanaan kegiatan khataman ini berlangsung dengan meriah dan sukses. Ratusan masyarakat datang memadati acara yang bertempat di Madrasah Darul Hasanah. Antusias dan semangat dari masyarakat untuk kegiatan ini patut diacungi jempol. Pasalnya, acara khataman ini merupakan khataman yang digelar pertama kali setelah wabah pandemi.

Hadrah

Acara di awali dengan Pawai arak-arakan Hadrah dan di iringi oleh santriawan dan santriwati peserta khatam beserta orang tua, beberapa murid, dewan guru dan para undangan yang dimulai dari depan Kantor Desa Simpang Tiga dan berakhir di madrasah Darul Hasanah.

Saat tiba di Madrasah Darul Hasanah, para peserta Khatam di sambut dengan acara seremonial. Selain itu, Acara juga diisi dengan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW  dengan penceramah Khodimul Majelis Darussunah Simpang Tiga yakni Habib Ja’par Shadiq Al Baghaits.

panggung

Dalam Pelaksanaannya, Peserta khatam di payungi dengan payung khusus yang disebut payung kambang. Payung Kambang ini merupakan payung bertingkat yang dirangkai dengan aneka bunga seperti bunga melati, mawar, dan bunga kenanga.

Selain payung kambang, dalam acara khataman juga disiapkan lakatan dan telur yang dihiasi dengan bunga kertas hias warna warni sebagai bentuk pelestarian adat banjar.

lakatan

Khataman Al-Qur;an meruapakan tradisi bernuansa Islami yang sudah ada sejak lama ditengah kehidupan orang Banjar, Kalimantan Selatan. Tradisi ini merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap anak  yang belajar mengaji dan berhasil menamatkan hingga 30 Juz.

Bagikan artikel ini:
Komentar