You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Simpang Tiga

Kec. Mataraman, Kabupaten Banjar, Prov. Kalimantan Selatan
Info
Selamat datang di Website Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Desa Manis Cantik

Pamsimas Limbuhang Mandiri Bantu akses air bersih di Desa Simpang Tiga


Pamsimas Limbuhang Mandiri Bantu akses air bersih di Desa Simpang Tiga

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, atau dikenal dengan sebutan PAMSIMAS, merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat.

PAMSIMAS LIMBUHANG MANDIRI resmi didirikan pada tanggal 14 Januari 2020, berkedudukan di Desa Simpang Tiga Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Tujuan pamsimas Limbuhang Mandiri yaitu untuk Meningkatkan jumlah warga masyarakat berpendapatan rendah di wilayah desa Simpang Tiga serta dapat mengakses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, meningkatkan penerapan nilai dan prilaku hidup bersih dan sehat.

Sasaran Pamsimas Limbuhang Mandiri diantaranya:

  1. bahan akses air minum aman bagi seluruh masyarakat desa simpang tiga
  2. Tambahan akses sanitasi layak
  3. 70% masyarakat desa simpang tiga mengadopsi program Cuci Tangan Pakai Sabun

Struktur KPSPAMS LIMBUHANG MANDIRI

KETUA                  : ZARKANI

BENDAHARA          : ILHAM

SEKRETARIS          : BADRUZZAMAN

ANGGOTA              : JUAIDI, MIDUN, MATNOR, AHMAD NOR GUZAINI

Program Pamsimas Limbuhang Mandiri telah berhasil menambah akses air minum aman bagi banyak Kepala Keluarga dan akses sanitasi layak bagi masyarakat yang tersebar di 3 RT Desa Simpang Tiga. Harapan kedepannya pamsimas mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk seluruh masyarakat desa simpang tiga. Selain untuk memberdayakan sumber air juga untuk menambah penghasilan Desa.

Selain Dana dari program pamsimas, pemerintahan Desa juga ikut berkontribusi untuk keberlanjutan program tersebut. Pada saat pembangunan, Desa telah membantu melalui Dana Desa sebesar 50.000.000,- untuk perpipaan dan SR (Sambungan Rumah). Selain itu, juga di support dengan adanya sumur bor agar menambah supply air.

Setahun setelah peresmian, pamsimas limbuhang mandiri sudah memiliki progres yang cukup signifikan, diantaranya PAD desa yang meningkat, operasioanal pengurus Kas, dan Dana Darurat yang dapat digunakan jika sewaktu-waktu perlu pemeliharaan mesin atau jaringan air.

Bagikan artikel ini:
Komentar